Ditolak Masuk RI, Pemegang Paspor Israel Vlogger Nas Daily: Saya Tidak Mau Membawa Ini ke Arah Politis

Ditolak Masuk RI, Pemegang Paspor Israel Vlogger Nas Daily: Saya Tidak Mau Membawa Ini ke Arah Politis

Vlogger Nuseir Yassin atau Nas Daily menduga alasannya ditolak masuk Indonesia karena dirinya berpaspor Israel. Hal itu diungkapkan Nuseir lewat akun Facebook Nas Daily pada 31 Agustus 2018. Hingga Minggu (2/9/2018), unggahan yang hanya bisa dilihat oleh pengguna Facebook di Indonesia itu sudah dishare hampir 6 ribu kali dan mendapat lebih dari 2.700 komentar.

Sayang Indonesia, Kiriman ini hanya dapat dilihat oleh anda. Hal ini dengan hati yang berat saya mengumumkan bahwa saya ditolak dari mengunjungi negara anda.
Saya datang ke Singapura terutama untuk melamar Visa Indonesia. Karena Indonesia adalah satu-satunya negara yang saya ingin menempatkan usaha untuk mengunjungi. Untuk Orang Palestina-Israel seperti saya, itu tidak mudah. Anda harus melalui proses visa khusus dan satu ton kertas untuk diterapkan. Aku mengikuti seluruh proses, langkah demi langkah. Persis seperti pedoman yang disarankan. Hanya untuk mendengar sebelumnya hari ini bahwa aplikasi saya ditolak. Aku tidak tahu mengapa. Tapi kurasa ada sesuatu yang harus dilakukan dengan paspor Israel-ku. Bahkan jika saya seorang Muslim Palestina. Aku masih diberitahu bahwa aku tidak diizinkan untuk masuk. Biarkan postingan ini menjadi jawaban bagi orang-orang baik yang meminta saya untuk datang ke Indonesia. Aku benar-benar jujur ingin. Saya ingin menunjukkan kepada dunia keindahan indonesia dengan cara yang paling apolitik, Murni Mungkin. Tapi sayangnya yang tidak akan mungkin pada nas setiap hari. Setidaknya tidak dengan keadaan saat ini. Ini bukan selamat tinggal. Ini adalah melihat anda nanti. Aku yakin suatu hari kita semua akan bertemu.
\"Vlogger Pengguna Facebook di Indonesia ramai mengomentari unggahan Nas Daily ini, beberapa di antaranya men-tag akun Presiden Joko Widodo dan Menlu Retno Marsudi. Nuseir kemudian menanggapinya, dia tidak ingin hal ini dibawa ke arah politis. \"Saya melihat banyak yang men-tag presiden. Haha kalian baik sekali. Saya tidak mau membawa ini ke arah politis. Ini tidak terkait politik. Saya hanya sedih karena tidak bisa membuat video tentang negara kalian dan saya ingin transparan dengan kalian,\" tulis Nuseir di kolom komentar. Seperti diketahui Israel dan Indonesia memang tak memiliki hubungan diplomatik. Tak ada hubungan diplomatik bukan berarti semua warga Israel sudah pasti ditolak masuk Indonesia atau sebaliknya. Hanya saja ada mekanisme yang berbeda antara negara yang memiliki hubungan diplomatik dan tidak. \"Di Indonesia proses pemberian visa diberikan kepada negara yang mempunyai hubungan diplomatik dan tidak. Kalau yang punya hubungan diplomatik, regulasi sudah jelas,\" Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Agung Sampurno saat dikonfirmasi, Minggu (2/9/2018). (*)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: